dodi. jakarta. jurnalis. kopi dengan krim. teh. rokok. rindu bandung. baca. melamun. nulis dikit. jalan-jalan sendirian.

Form kontak

If you want to be updated on this weblog Enter your email here:

Next Entry
Previous Entry
Home

rss feed

Hantu
Wednesday, December 14, 2005

Ternyata, banyak hantu di sekitar kita. Bayangkan, ada tetangga anda memelihara burung. Suatu hari, tiba-tiba anda melihat di televisi, tetangga anda yang lain menjadi pasien yang tak dipungut biaya. Sebab, dengan gejala sesak, demam dan batuk, ia digelari status suspek flu burung.

Karena kita sedang dalam keadaan luar biasa (KLB) flu burung, semua pasien suspek flu burung dibiayai pemerintah.

Alhasil, di sekeliling rumah anda lahir panik. Tetangga anda yang memelihara unggas memanggil petugas untuk memvaksin hewan bersayap itu. Darah warga pun diperiksa. Semua dihantui ketakutan akan H5N1, virus yang boro-boro kelihatan oleh mata telanjang.

Atau tengok para guru di DKI Jakarta. Setelah sang Gubernur menjanjikan kenaikan tunjangan, para pahlawan berjasa tapi tak bertanda itu tetap saja dilanda cemas. Pertama, tentu saja, apakah janji itu akan terwujud. Kalaupun ya, tarif air minum 2006 toh akan naik. Belum lagi harga kebutuhan pokok. Belum lagi biaya sekolah anak-anak mereka. Guru, yang mengajar di sekolah, harus cemas akan pendidikan anaknya!

Tak heranlah kalau Nelson Siahaan berharap bukan tunjangan yang dinaikkan, tapi gaji pokoknya.

Petani? Wah. Bagi mereka, hantu itu bernama beras impor. Berpuluh tahun percaya ini negara agraris, mereka harus berhadapan dengan kenyataan pahit bahwa beras Vietnam lebih murah harganya dari beras panenan mereka. Lebih pahit lagi: konsumen beras tentu lebih suka yang murah.

Dan pekan ini, hantu itu bertambah lagi. Herman Saksono awalnya hanya iseng. Hasil iseng (sudah dihapus) itu membuat senyum orang-orang yang melihatnya. Di kantor-kantor yang penuh tekanan kerja, senyum melihat karya Herman adalah berkah (sempat menyebar lewat milis-milis).

Tapi, mengganti (mock-up) wajah Mayangsari dengan wajah RI-1 rupanya bukan lelucon untuk KUHPidana. Setidaknya, bagi para penginterpretasinya. Dianggap melanggar klausul penghinaan terhadap presiden, Herman dicokok polisi dan diinterogasi, bahkan dijadikan tersangka.

Mungkin sekarang pun orang harus hati-hati menulis. Terutama para blogger. Siapa yang tahu, gara-gara lelucon, tiba-tiba didatangi aparat! Ah semoga saja Indonesia tak lantas mengikuti jejak Amerika Serikat yang melambaikan tangan pada demokrasi. Bicara tak lagi bebas.

Atau sebenarnya, pernahkah bicara bebas?

Hantuuu!


Oleh dodi, pada 11:51 pm

lika
December 15, 2005   03:19 AM PST
 
he?
dijadikan tersangka?
padahal klo Mr.President himself ngeliat foto itu pasti kaga bakal jadi ngambek daaah..

kmu sendiri? juga hantu kan?
kmu kan sudah "..Tewas Tersambar Petir" atau menurut Lampumerah "..Main Layangan Ujan-ujanan, Kesamber Petir, Gosong Deh"
kok msh bisa posting blog?

hantuuuu
adis
December 15, 2005   09:38 AM PST
 
*tengok2 kok gag ada Shoutbox nyah??*
nice artikel here...lam kenal ^_^
BukanChicklit
December 15, 2005   09:57 AM PST
 
iya nih.. ga ada SBOX..
btw, panggilan ditujukan kepada saudara dody, diharap untuk segera mampir ke homepage kami. dah posting lagi bbooowwww....
Arfin
December 15, 2005   09:02 PM PST
 
tulisan elu soo wartawan banget.jadi kayak baca koran nih dot!
kangen bandung?sok atuhlah iraha rek ka bandung deui?qta bermain bilyard n nongkrong2 di potluck ou di blend lagi bowww....ato foto2 lagi di dago pakar?kayaknya jembatan pasupati itu cokpis juga dijadikan objek foto2 berikutnya.hmm?gimana hmm?
i'll be seeing you in bandung no matter what, dumbass!hehehe...
dv
December 16, 2005   01:03 AM PST
 
gaji guru dong gaji guru. hehe *obsesi pribadi*

wah, jangan2 saya ditangkep sama pabrik indomi? (buat disuruh jadi tukang icip resep terbaru.. yes)
cta
December 16, 2005   10:05 AM PST
 
ini yang nulis kamu ato hantunya kamu?

makanya, bertemanlah sama casper, karena dia adalah hantu yang baik hati!
Galih
December 16, 2005   06:18 PM PST
 
Herman Saksono, eh?

Apa benar di negara kita ini akan ada lagi orang-orang lain seperti Wiji Tukul?

Ya, ya! Tulisan yang serius dengan masih memasukkan unsur flu burung!
modjo
December 16, 2005   08:47 PM PST
 
nama hantu saya adalah skripsi...

hiiiiii
yusie
December 18, 2005   12:55 AM PST
 
hmm...ya smoga aja ngga ada badan investigasi di dunia cyber buat memantau setiap perkataan kita di blog. hehehe...internet gtu looh...dunia tanpa batas...! hidup!!!
Name
December 18, 2005   03:52 PM PST
 
"......................................." speechless.. *celingak celinguk* takut ditangkap..
dinky
December 18, 2005   10:27 PM PST
 
untung blog saya isinya diary doang..ada kans buat di intai sama pulisi cyber ga tuh dod? hehe
cito
December 19, 2005   12:15 PM PST
 
takut hantuuuu....
yoan
December 19, 2005   06:52 PM PST
 
halo dodi....wah thanks yach dah mampir ke blognya yoan....ho-oh nih sebentar lagi natal...banyak pohon natal dimana-mana....ngerayain natal jg ga?

btw, klo hantunya bisa jalan-jalan n ngegangguin org baik apa dunks namanya *halah*
iebud
December 23, 2005   08:32 PM PST
 
padahal ayam enak!
iebud
December 23, 2005   08:33 PM PST
 
padahal ayam enak!
siwoer
January 2, 2006   08:43 AM PST
 
salam kenal...eh salah deng, maxutnya slamat tahun baru. semoga sukses :D
dv
January 4, 2006   06:30 PM PST
 
aku pindah ^^ hoho
dv
January 6, 2006   11:37 AM PST
 
ih kamu ko suudon sih sama mamang donat! ga bole gitu! ga ada formalinnya ko, cuman daging tikus.. hehe
lickz
January 6, 2006   09:48 PM PST
 
haduh..
kamu udah jadi hantu beneran ya jangan2..
di alam barzah ga ada internet ya dod?
ga bisa posting?
heuehue
Galih
January 8, 2006   05:42 PM PST
 
BANGUN HANTU PEMALAS!

SEBELUM SAYA SMURF!
cta
January 12, 2006   04:57 PM PST
 
*menghantui setiap mimpi mimpi dodi*

kikikikikikiik..
willie
January 13, 2006   07:39 AM PST
 
dod pa kabar bos? udah lama gak online nih? hueheuhe
yusie
January 13, 2006   11:27 PM PST
 
helloo...anybody here? hihihi...update atuuh...
maknyak
January 16, 2006   02:58 AM PST
 
banyak hantu ternyata di blog ini. *kabor*
jellyjuice
January 18, 2006   10:00 AM PST
 
pakbr dod! kayanya jaman tangkep2an dah mulai populer lagi yah..wah musti ati2 dong kalo nulis
lika
January 18, 2006   02:10 PM PST
 
benar2...
saya aja yg males posting udah posting 2 kali..
masuk blog ini tetep aja yg muncul paling atas hantu lagi hantu lagi

Hiiii..hihihi..hiihiii..
*ketawa hantu*
gita
January 26, 2006   10:07 AM PST
 
g GA TAKUT ma HANTU.. dan ga kan pernah, karena kl cm yg follow up gtu mah smakin berlarinya jaman akan semakin menjamur kl qt suruh berrenti malah qt yg dijadiin HANTU (mo ga??) - but the again, WHY NOT? take a crazy chance? mkg ja hantu2 tu hanya melompati chances n tripped over... trus ketengkep ma OKNUM yg kebetulan TOPENG hantu-nya dah dilepas ato belum dipasang, hahaha... same as saying we're all BAD PEOPLE - naturally!
ichanx
January 28, 2006   09:40 PM PST
 
kamana wae si akang yeuuhh...
cta
February 9, 2006   06:46 AM PST
 
hai kamu bapak wartawan..

selamat Hari Pers Nasional ya.. semoga nasib kita semakin dipikirkan.. heoehoehoeheoehoehoe..

saya liputan ke gedung merdeka&tegalega!hore!jalan-jalan!
huhuy!bisa kaburrr!!
lika
February 21, 2006   09:05 PM PST
 
tutup aja deh blog ini..
wassalam.

=p


Leave a Comment:

Name


Homepage (optional)


Comments







bacaan! login img 1n3x Aban An Anakbaik Ayu Bea Blub Cipi Crey Cta De Dessy Didats Dv Dinky Enda Fahmi Femmy F-R-G G.B.T. Gina Gio Ichanx Iebud Ika Ikez Indie Jane Joey Kuda Lika Maknyak Mamatz Maria Mea Miranda-(2) Mput N[a] Nazla Nova Pyro Rara Rur Sandra Santie Shofa Sitta-(2) Siwoer Sunshower Vi3 Viga Yusie

Blogdrive



Free Domain Name - www.YOU.co.nr

Belanja clothing Bandung online? Klik: